Siklus Haid Wanita

Wednesday, January 1st 2014. | Masalah Wanita
siklus haid wanita. gambar siklus haid, siklus tipikal, haid yang normal, siklus haid yang normal, siklus menstruasi, menghitung, masa subur dengan siklus haid, siklus haid wanita, cara menghitung siklus haid, siklus haid tidak teratur

siklus haid wanita

Siklus Haid Wanita- Siklus Tipikal – Haid Yang Normal,-

Siklus Haid Wanita berkaitan dengan rantai interaksi hormon pada wanita di usia subur, yang terjadi setiap bulan rangkaian kejadian tersebut memungkinka, lepasnya sebuah sel telur yang jika terbuahi akan dijamin mendapat tempat membenamkan diri di dalam rahim serta memungkinkan janin tumbuh berkembang. Tanda yang paling nyata pada siktus ini adalah keluarnya darah dari vagina setiap bulannya yang disebut haid; dimana dinding rahim terkelupas bita telur tak dtbuahi. Namun banyak lagi perubahan dalam tubuh yang bedangsung selama siktus tersebut.

Siklus tipikal

Siklus tipikal haid berlangsung sekitar 28 hari, meskipun hal ini berbeda untuk setiap wanita. Sebagai pedoman umum. bari pertama haid dihitung sebagai hari kesatu.

Hari I – 5

Turunnya kadar hormon progesteron dalam tubuh memulai peristiwa haid, yaitu terkelupa, snya dinding rahim. Selama waktu tersebut, hormon produksi ketenjar pituitari menerima isyarat dad hypothalamus (bagian dari otak) merangsang pematangan sel telur dalam indung telur, yang kemudian meningkatkan kadar hormon yang lain, yaitu estrogen.

Hari 5 – 14

Pendarahan haid umumnya berhenti pada had ke/ima. Pada hari selanjutnya dad vagina akan keluar lendir dari leher rahim. Antara had 9 – 13 kadar estrogen sampai pada batas tertinggi dan lendir dari leher rahim menjaTdi bening dan encer. Inilah awat hari-hari subur. Pada had 13 kadar hormon pituitari yang merangsang pematangan dan pelepasan telur juga berada pada batas tertinggi, suhu tubuh meningkat sekitar 1/2 °C, dan bedan(gsunglah ovulasi pada hari 14.

Hari 15 – 23

Setelah ovulasi, jika set telur tidak terbuahi, kadar estrogen menurun drastis, dan folikel asat sel tetur tersebut berubah menjadi kelenjar corpus futeum, penghasit hormon progesteron. Pada hari 15- 16 keluar tendir kental dan pekat dad leh~ar rahim. yang agaknya lendir terakhir dari siklus ini.

Hari 24 – 28

Aktifitas corpus tuteum mulai menurun dengan susutnya kelenjar tersebut, dan turunlah kadar hormon progesteron. Ada sebagian wanita yah9 mulai merasakan gejala pra-haid, misalnya pembesaran payudara dan perubahan perilaku (terutama depresi dan mudah naik darah). Mungkin juga terasa sedikit kembung karena adanya regangan cairan. Awal haid biasanya ditandai dengan turunnya suhu sampai 1/2 °C.

Berat badan susut

Susut berat badan atau olah raga berat bisa berakibat haid tidak muncul. Bila demikian keadaannya, tak ada yang perlu dicemaskan, namun sebaiknya bawalah ke dokter untuk memeriksakan kesehatan secara umum.

Penyesuaian keseimbangan hormon

Setelah menghentikan pil KB bisa berlangsung sampai sebulan atau lebih. Periksakan ke dokter jika siklus haid anda belum kembali normal sampai 3 bulan sesudah berhenti memakai pil KB.

Kekacauan siklus haid

memang biasa terjadi pada usia menjelang Menopause. Umumnya di usia ini wanita mengalami haid semakin jarang sampai akhirnya berhenti sama sekali. Kadang-kadang haid akan kembali normal dan akhirnya berhenti Yang perlu dicatat adalah, selama masih mendapat haid, anda masih di usia subur. Jadi jika kegiatan seks anda cukup aktif, dan tiba-tiba berhenti haid, ada memungkinan anda sedang hamil.

Cara terbaik untuk membuat siklus haid atau menstruasi menjadi teratur adalah dengan menggunakan Crystal X, Crystal X merupakan herbal untuk perawatan dan pengobatan wanita, khusus untuk organ kewaniaan. Untuk info lengakp Produk herbal Crystal X silahkan klik disini….

Powered by : Siklus Haid Wanita

tags: , , , , , , , , , , , , , , ,